PENYULUHAN CUCI TANGAN

PENYULUHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEBAGAI BENTUK PENCEGAHAN VIRUS CORONA KEPADA PENGUNJUNG RSUD SOEDARSONO

WHO sudah menetapkan 2019-nCoV sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) sejak tanggal 30 Januari 2020 karena adanya peningkatan kasus yang signifikan dan kasus konfirmasi di beberapa negara lain. Sampai Selasa (4/2/2020), menurut Kementerian Kesehatan total kasus konfirmasi novel coronavirus (2019-nCoV) global adalah 20.630 kasus, 20.471 kasus diantaranya dilaporkan dari Cina (tersebar di 34 wilayah), dengan 66% kasus konfirmasi dari Cina berasal dari Provinsi Hubei. Kasus konfirmasi dilaporkan di 23 negara, sebanyak 159 kasus dengan 1 kematian. Satu kematian pertama diluar negara Cina terjadi di negara Filipina. Penularan antar manusia yang terjadi masih terbatas pada keluarga pasien, petugas kesehatan yang merawat pasien, dan kontak erat dengan kasus konfirmasi.

Menyikapi hal tersebut, Komite Pengendalian Penyakit dan Infeksi (PPI) bekerja sama dengan Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan petugas lainnya, melakukan kegiatan penyuluhan kepada pengunjung rumah sakit pada hari itu. Materi yang disampaikan mengenai 6 cara mencuci tangan yang baik dan benar. Sesuai dengan arahan Kemenkes, bahwa mencuci tangan dengan cara yang benar adalah salah satu bentuk pencegahan berbagai macam penyakit. Dengan cara mempraktikan langsung bersama pengunjung, harapannya mereka menjadi lebih mudah mengingatkan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, PPI juga menjelaskan bagaimana cara beretika batuk. Bukan dengan menggunakan telapak tangan, namun alangkah baik dengan menggunakan tissue, apabila tidak ada tissue atau sapu tangan, lebih baik menutupnya dengan lengan atas bagian dalam. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi resiko penularan virus dari orang yang sakit ke orang lain. Apabila merasa sakit, lebih baik menggunakan masker agar orang sekitar tidak tertular. Tim PPI membagikan masker kepada pengunjung rumah sakit secara gratis. Pengunjung lain pun dapat meminta masker kepada petugas sesuai kebutuhan.

 

 


Bagikan Posting Blog




Komentar (0)




Komentar