TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI RS DENGAN PKRS

TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI RS

DENGAN PENGUATAN PROMOSI KESEHATAN


Rumah sakit dapat berbuat lebih bagi kesehatan masyarakat melalui kegiatan promosi kesehatan. Promosi kesehatan di tatanan rumah sakit telah mengalami perubahan tidak hanya bentuk memberikan informasi kesehatan kepada pasien tetapi juga bagaimana rumah sakit bertanggungjawab membuat kebijakan dan sistem pelayanan yang mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan berkesinambungan baik bagi pasien dan keluarganya, staf, masyarakat sekitar dan lingkungan.

Revitalisasi promosi kesehatan rumah sakit mengalami perkembangan yang signifikan setelah upaya promosi kesehatan masuk ke dalam standar akreditasi rumah sakit versi 2012 maupun akreditasi rumah sakit berskala internasional/Joint Commision International (JCI), artinya promosi kesehatan merupakan bagian integral dari mutu layanan rumah sakit.

Di era Jaminan Kesehatan Nasional saat ini sudah seharusnya upaya promosi kesehatan dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai contoh, intervensi promosi kesehatan yang dilakukan dapat menurunkan kasus readmission atau kejadian pasien yang dirawat kembali di rumah sakit. Readmission merupakan salah satu indikator mutu pelayanan di rumah sakit. Oleh karena itu, promosi kesehatan dalam hal ini dapat menjadi solusi dengan intervensi promosi kesehatan melalui penguatan pendidikan pasien dan keluarga hingga terberdayakan dan dapat menurunkan readmission rate di rumah sakit.

Hal serupa sudah dilakukan rutin oleh petugas Link Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di semua unit RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut meliputi pemberian edukasi kepada pasien, keluarga pasien dan penjenguk pasien. Edukasi yang disampaikan berupa informasi peraturan dan kebijakan Rumah Sakit terkait jam berkunjung pasien, hak dan kewajiban pasien. Selain itu, informasi kesehatan juga disampaikan oleh petugas, seperti tata cara cuci tangan pakai sabun, penyampaian upaya pencegahan dan pengobatan penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Disamping edukasi secara langsung tersebut, RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan juga melaksanakan kegiatan promosi kesehatan melalui siaran radio setiap hari. Klinik Diabetes pun yang notabennya merupakan klinik baru di RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan juga melaksanakan kegiatan promosi kesehatan berupa “SENAM DIABET” yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 08.00 WIB di RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Peserta dalam senam ini adalah pasien Klinik Diabetes sendiri dan tidak dapat dipungkiri, pasien dari klinik lain pun juga ikut serta. “Kami sangat senang dengan adanya klinik diabet ini, kaki saya bisa dirawat dengan lebih baik dan alhamdulillah sekarang sudah membaik dan sembuh”, komentar bpk. Slamet, pasien dari Perumnas Bugul.

 


Bagikan Posting Blog




Komentar (0)




Komentar