SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2018

RANGKUMAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2018

Survey kepuasan masyarakat ini melibatkan sebanyak 759 responden yang terdiri dari 383 responden instalasi rawat jalan dan 376 responden instalasi rawat inap. Berdasarkan data pelayanan di RSUD dr. R. Soedarsono pada tahun 2017, jumlah pasien di instalasi rawat jalan  sebanyak 102.046 orang dan instalasi rawat inap sebanyak 17.128 pasien. Perhitungan jumlah populasi atau responden tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 tahun 2017, yaitu dengan rumus Rumus Morgan dan Krejcie. Pelaksanaan survey dillakukan selama 1 bulan dengan masa pengambilan data tanggal 15 – 25 Oktober 2018.

I. HASIL SURVEY  INSTALASI RAWAT JALAN

Profil Demografi Responden

 

 

 

 

Tingkat Kepuasan Masyarakat

Berdasarkan data tersebut, kondisi rumah sakit saat ini telah mengalami kemajuan. Hal yang harus diperhatikan bahwa nilai kepuasan masyarakat  sangat dipengaruhi oleh perubahan sosial masyarakat, budaya, pengetahuan dan teknologi. Semakin tinggi pengetahuan masyarakat tentang kesehatan akan berdampak pada semakin tinggi tuntutan akan pelayanan kesehatan semakin baik. Karena itu pihak RSUD dr. R. Soedarsono harus mampu mengantispasi perubahan sosial tersebut dengan cara meningkatkan mutu pelayanannya

II. HASIL SURVEY RAWAT INAP

Profil Demografi Responden

 

 

Tingkat Kepuasan Masyarakat

 

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

No

Unit Layanan

Nilai IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayan

1

Instalasi Rawat Jalan

73.78

C

Kurang Baik

2

Instalasi Rawat Inap

76.47

C

Kurang Baik

 

 

 

MASUKAN PERBAIKAN MUTU LAYANAN

No

 

Masukan

Rawat Jalan

Rawat Inap

Total

1

Menambah fasilitas ATM

                                                                                          

4

12

16

2

Parkir Motor perlu diberi atap

 

16

8

24

3

Keramahan Petugas perlu di tingkatkan

20

19

 

39

4

Kebersihan kamar mandi

20

19

 

39

5

 

Alat medis lebih lengkap dan canggih

31

15

46

6

Penambahan petugas bagian farmasi

39

19

 

58

7

Farmasi untuk pelayanan obat harus dipisah menjadi beberapa bagian agar pelayanan lebih baik

54

27

81