LAPORAN HASIL IKM

LAPORAN HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)

TAHUN 2017

 

  1. PELAYANAN RUMAH SAKIT

    Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2017 termasuk dalam kategori BAIK/PUAS 

       2. PELAYANAN RAWAT JALAN

 

HASIL ANALISA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM):

  1. Terdapat 1 unsur dari 17 unsur pelayanan Rawat Jalan yang masih memiliki nilai kurang baik, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari  pihak manajemen. Unsur tersebut adalah Waktu Pelayanan dengan nilai 2,90.
  • Hal ini bisa dipengaruhi karena masyarakat yang ingin berobat dengan dokter spesialis masih menunggu karena dokter spesialis terbatas dan datangnya tidak menentu waktunya.
  • RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan perlu menerapkan Standar Pelayanan Minimal, dimana setiap pelayanan mempunyai standar waktu pelayanan masing-masing tindakan, jadi untuk setiap penanganan medis waktu penyelesaiannya sudah baku. Pihak RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan terus berbenah untuk mempercepat proses pelayanan sehingga masyarakat yang pada umumnya adalah orang  sakit tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan penanganan medis. Karena  jika waktunya hanya dihabiskan untuk menunggu giliran saja sudah cukup lama, maka akan mempengaruhi kepuasan masyarakat.

 

  1. Nilai unsur pelayanan tertinggi pada pelayanan Rawat Jalan adalah Kompetensi Petugas Medis dan Paramedis dengan nilai 3,25.
  • Hal ini telah menunjukkan bahwa petugas sudah memiliki kemampuan intelektual yang tidak diragukan lagi karena SDM yang ada merupakan orang yang ahli, berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya, hal ini akan memberikan nilai tambah bagi petugas.
  • Selain itu, program peningkatan kemampuan sumber daya manusia terus dilakukan oleh pihak manajemen, dimana setiap tahun menganggarkan biaya pelatihan, magang dan bimbingan terhadap SDM yang ada, sehingga kemampuan dan kualitas SDM terus meningkat dan terbarui.

 

 

  1. PELAYANAN RAWAT INAP

 

 

HASIL ANALISA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM):

  1. Terdapat 1 unsur dari 17 unsur pelayanan Rawat Inap yang masih memiliki nilai kurang baik, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari  pihak manajemen. Unsur tersebut adalah Tarif Pelayanan dengan nilai 3,04.
  • Indikator kewajaran biaya pelayanan merupakan tingkat keterjangkauan biaya pelayanan oleh kemampuan masyarakat dan tingkat kewajaran besarnya biaya pelayanan dengan hasil pelayanan.
  • Manajemen RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan perlu melakukan perbaruan Tarif Pelayanan secara berkala. Perbaruan Tarif Pelayanan ini harus jelas dan terbuka serta harus disosialisasikan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menempelkan rincian perbaruan Tarif Pelayanan di setiap papan pengumuman, setiap rungan pelayanan terutama rawat jalan dan dalam bentuk baliho di ruang tunggu pendaftaran.

 

  1. Nilai unsur pelayanan tertinggi pada pelayanan Rawat Inap adalah Syarat Pelayanan dengan nilai 3,19.
  • Persyaratan untuk mendapatkan pelayanan menjadi sangat penting mengingat masyarakat yang berobat di RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan harus memenuhinya agar mendapatkan pelayanan seperti yang diharapkan. Bila sebelumya persyaratan sudah disosialisasikan dengan baik maka masyarakat pun akan dapat dengan mudah mempersiapkan baik dari sisi administrasi maupun teknisnya.
  • Pelayanan yang berkualitaslah yang menjadikan RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan sebagai Rumah Sakit Rujukan untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk itu  RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan berupaya sebaik mungkin meningkatkan kualitas pelayanan dengan membenahi berbagai sisi pelayanan demi terciptanya kualitas pelayanan yang baik dan kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan.